Kamis, 01 November 2012

 PUBLIK AREA

Pengertian
Publik Area, seksi yang mempunyai tugas dan tanggungjawab untuk menjaga kebersihan, kerapihan, keindahan dan kenyamanan seluruh area hotel, baik yang ada diluar gedung maupun didalam gedung hotel.hall


Sub Seksi Dalam Publik Area:
  1. Lobby area : Sub seksi yang mengurus kebersihan lobby, toilet lobby, back office hingga parkir depan lobby
  2. Public Restroom : Sub seksi yang mengurus kebersihan restroom sperti toilet
  3. Restaurant : Sub seksi yang mengurus kebersihan area restaurant yang ada di dalam hotel.
  4. Metting Room : Sub seksi yang mengurus kebersihan ruang metting dan ballroom.



Syarat Seorang Publik Area
Perilaku Dasar
  1. Tepat waktu
  2. Memiliki rasa hormat terhadap diri, teman dan pimpinan
  3. Memiliki loyalitas
  4. Menjalankan tugas dengan baik
  5. Dapat dipercaya
  6. Mengikuti jalur komunikasi
  7. Keamanan untuk bekerja sama
  8. Motivasi atau self motivation
Sikap Dasar
  1. Hubungan kerja yang lebih baik
  2. Kepercayaan diri yang lebih besar dengan diri sendiri dan orang lain
  3. Meningkatnya tanggung jawab pribadi
  4. Meningkatnya pengendalian diri
  5. Menghemat waktu dan tenaga
  6. Memenuhi kebutuhan masing-masing
Syarat Khusus
  1. Bersih dan Rapi
Seorang Publik Area harus berpenampilan bersih dan rapi baik dari pakaian maupun dari dirinya untuk memberikan citra yang baik terhadap tamu yang dimana PA berhadapan langsung dengan tamu.
  1. Harum
Seorang Publik Area harus harum karena PA akan bertugas di seluruh area tamu sehingga tidak menggangu tamu dengan bau yang tidak menyenangkan.
  1. Cepat dan Tanggap
Seorang Publik Area harus dapat bekerja cepat agar tidak menggangu tamu terlalu lama dan tanggap terhadap kotoran sehingga tidak ada daerah yang telah dibersihkan ternyata masih ada kotoran tersisa serta tanggap saat melakukan pembersihan dengan menggunakan benda berat dan pemasangan tanda-tanda tertentu seperti “wet floor” agar tidak membahayakan tamu.
  1. Memiliki pengetahuan cukup tentang hotel
Seorang Publik Area harus memiliki pengetahuan yang cukup mengenai hotel terutama fasilitas-fasilitasnya agar apabila saat ditanya oleh tamu dapat memberikan informasi.
  1. Ramah Dan Sopan
Seorang Publik Area harus bersikap sopan dan ramah setiap waktu apalagi saat ditanya ataupun ingin menggangu sejenak tamu dan ramah terhadap seluruh karyawan agar membina hubungan baik karena PA selalu akan bekerja berdampingan dengan departemen lain.
  1. Murah Senyum
Seorang Publik Area harus murah senyum agar tamu senang melihat.
  1. Rajin Memberikan Salam
Seorang Publik Area harus rajin memberikan salam seperti “good morning” agar tamu merasa diperhatikan.
Hubungan PA Dengan Seksi Lain Dalam House Keeping
  1. Kerjasama dengan Floor Section
Floor Section :
a. Memberikan work order kepada PA
PA :
a. Membantu sesuai work order yang diterima
  1. Kerjasama dengan Linen dan Uniform
Linen dan Uniform
a. Menyiapkan seragam yang bersih, rapi dan harum
b. Memperbaiki seragam apabila robek atau rusak
PA :
a. Mengambil secara rapi dan meletakkan di tempat yang disediakan seusai memakai seragam
b. Memberitahukan kepada Linen dan Uniform mengenai pakaian yang rusak atau robek
  1. Kerjasama dengan Laundry Section
Laundry
  1. Membersihkan seragam agar harum dan bersih
  2. Membersihkan alat kerja bawaan PA seperti lap
PA :
  1. Memberitahukan laundry section apabila ada tamu yang ingin laundry
  2. Meletakkan alat kerja bawaan seperti lap ke tempat yang disediakan laundry section
Hubungan PA Dengan Seksi Lain Departemen Berbeda
  1. Kerjasama dengan waiter
Waiter :
a. Mengambil alat makanan dan minuman yang dipakai tamu di area tamu seperti meja di lobby dan restaurant
b. Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di restaurant, serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
PA :
a. Melaporkan kepada waiter bila ada barang-barang (sendok, piring, gelas dan lain-lain) yang dipakai oleh tamu agar segera diambil.
b. Menyampaikan kepada waiter, bila ada pemesanan makanan dan minuman dari tamu.
  1. Kerjasama dengan banquet
Banquet :
a. Mengirim “Banquet Even Order” kepada PA untuk membuat lay out di dalam Banquet Hall atau Meeting Room.
b. Meminta bantuan PA menambah meja dan kursi di Ballroom atau Banquet Hall atau Meeting Room., serta menguranginya jika tidak perlu lagi.
c. Memberitahukan PA agar membuka lay out membersihkan ruangan jika event sudah selesai.
PA :
a. Menyediakan, merawat dan menyimpan linen supplies yang digunakan Food and Beverage Department seperti :
· Taplak meja (table cloth)
· Serbet makan (napkin)
· Alas meja di bawah taplak (multon)
b. Membantu banquet membuat lay out di Banquet Hall.
  1. Kerjasama dengan sales marketing
Sales Marketing :
a. Memberitahukan kepada PA, bila akan diadakan confrensi, seminar, lokakarya, rakor dan lain-lainnya di Conference Hall, Function Room atau Marketing Room.
b. Memberitahukan kepada PA jika ada perubahan jumlah peserta maupun lay out, menentukan jumlah penataan meja/kursi dalam ruangan.
PA :
a. Membersihkan office marketing dan ruangan/function room yang akan digunakan untuk acara-acara pertemuan.
b. Melakukan perubahan lay out seperti yang dikehendaki oleh tamu yang memesan.
  1. Kerjasama dengan Enginnering
Enginnering :
a. Perbaikan terhadap mesin-mesin yang digunakan oleh PA.
b. Melaksanakan pekerjaan-pekerjaan yang di kehendaki oleh PA berdasarkan WO (work order) yang diterima.
c. Memasang alat-alat mesin sebagai sarana kerja Housekeeping Department.
d. Memberitahukan cara-cara pengoperasian alat-alat tersebut serta cara perawatannya.
e. Memasang perlengkapan untuk acara-acara rapat pertemuan dan lain-lain.
PA :
a. Melaporkan kerusakan-kerusakan yang terjadi di lingkungan kerja seperti kerusakan alat-alat kerja, mesin-mesin, dan lain-lain.
b. Membuat dan mengirimkan WO (work order) kepada Engineering Department untuk perbaikan kerusakan, membuat sarana kerja yang diperlukan oleh Housekeeping Department.
  1. Kerjasama dengan Security
Security atau keamanan :
a. Melakukan pengamanan kepada seluruh area kerja PA dan ikut memantau agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta memantau keluar masuknya tamu dari maupun ke hotel dan mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan.
b. Melakukan “body checking” karyawan-karyawan yang pulang setelah selesai bertugas dan menangani barang-barang yang hilang.
PA :
a. Melaporkan kepada security apabila ada tamu yang mencurigakan, memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP check in, serta kamar-kamar berapa yang akan ditempati.
b. Memberitahukan security dan melaporkan jika bawaan barang-barang keluar hotel (khususnya milik housekeeping) untuk keperluan out side carteting, rapat-rapat dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar